Simak Kumpulan Amalan Ibadah yang Perlu Ditingkatkan Menjelang Bulan Suci Ramadhan

Tahukah kalian jika sudah tidak terasa tinggal menghitung hari untuk seluruh umat muslim memasuki Bulan Ramadhan 2023/1444 H.

Bagaimanapun keadaan kita, siap ataupun tidak siap Bulan Ramadhan akan datang, dan tentu beruntunglah orang yang sudah mempersiapkan diri menyambut Bulan Ramadhan.

Perlu diketahui setidaknya adapun persiapan – persiapan yang dimaksud dalam menyambut bulan suci Ramadhan seperti yakni Persiapan Ruhiyah (Keimanan)
Rasulllah SAW mengajarkan kepada kita tentang sebuah do’a menjelang Ramadhan :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

“Ya Allah berkahilah kami di Bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan usia kami di Bulan Ramadhan”.

Persiapan secara keimanan ini berupa pengendalian diri, menjaga hati agar ikhlas, bersih dari penyakit hati seperti iri, dengki, ria, dendam dan juga permusuhan.

Melakukan silaturahmi baik secara langsung ataupun dengan alat komunikasi dan saling memaafkan sebelun Bulan Ramadhan.

Adapun amalan ibadah yang perlu ditingkatkan menjelang bulan Suci Ramadhan, seperti:

1.Bertaubat dan memohon ampunan, bertujuan untuk memohon ampunan atas segala dosa yang telah dilakukan serta membersihkan kondisi hati.

2.Memperbanyak berdo’a, memohon dan berharap untuk selalu dalam lindungan dan karunianya untuk diberi kesempatan umur panjang dan bertemu dengan bulan suci Ramadhan.

3.Memperbanyak baca Al-Qur’an, amalan yang tidak boleh dilewatkan untuk belajar dan memperbanyak membaca al-qur’an. Dalam kisah seorang tokoh Salamah Ibn Suhayl sering berkata: “Bulan Syaban adalah bulan resitasi Quran.”

4.Memperdalam ilmu agama islam, sebagai manusia tentunya membutuhkan ilmu-ilmu agama untuk menuntun kita dalam kehidupan, begitupun amalan menjelang Ramadhan.

Perlu mempelajari kembali ilmu mengenai hal yang berkaitan dengan bulan Ramadhan, sebagai pedoman dalam bertindak, beramal serta beribadah.

5.Saling bermaaf-maafan, dengan tujuan untuk mempersihkan hai lahir dan batin agar saat melakukan ibadah di bulan Rmadhan menjadi lebih ikhlas dan ringan dijalani.

Baca juga  Membuat Resolusi Tahun 2023 yang Tidak Muluk-Muluk Tapi Terwujud Simak Tips Berikut ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *