Simak Manfaat Puasa Bagi Kesehatan, Diantarannya Dapat Mengurangi Kolesterol Tubuh

Tahukah kalian jika Berpuasa /Puasa adalah kegiatan menahan haus dan lapar, serta hawa nafsu pada periode tertentu dari mulai terbitnya Fajar hingga terbenamnya Matahari.

Bagi umat Islam, puasa Ramadan adalah sebuah ibadah wajib untuk dilakukan selama satu bulan penuh.

Namun, ternyata selain karena alasan ibadah, puasa juga dilakukan atas kebutuhan medis tertentu dan bahkan bisa menyembuhkan penyakit.

Berikut kami sajikan beberapa manfaat Berpuasa bagi kesehatan tubuh :

1. Mengurangi Peradangan

Saat sistem imun tengah melawan infeksi, peradangan pada tubuh merupakan hal yang wajar.

Tetapi, selain tidak terasa nyaman, peradangan yang terus berlanjut justru akan berujung pada penyakit lain, seperti diabetes atau penyakit jantung.
Untungnya, puasa juga dapat mengurangi radang pada tubuh.

2. Mengurangi Kolesterol Tubuh

Manfaat puasa yang kedua dapat dirasakan pada kadar kolesterol tubuh.

Pasalnya, puasa mampu mengurangi kolesterol jahat LDL (low-density lipoproteins).

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kolesterol menghambat arteri dan mengakibatkan komplikasi, seperti serangan jantung.

3. Mengurangi Lemak Tubuh

Terkadang, dokter akan mendorong Anda mengurangi lemak tubuh atau menurunkan berat badan demi menghindari risiko penyakit tertentu, seperti hipertensi, stroke, serta penyakit jantung.

Jika Anda sedang mengurangi lemak karena alasan kesehatan, puasa dapat membantu meredakan asupan kalori Anda dan mendorong tubuh untuk membakar lemak berlebih.

4. Membantu Menghentikan Merokok

Pendapat seputar merokok dapat membatalkan puasa ada beragam,namun, Anda bisa memanfaatkan berpuasa untuk mengurangi dan bahkan menghentikan kebiasaan merokok.

Selain untuk meningkatkan pengalaman berpuasa, Anda dapat terhindar dari risiko penyakit seperti kanker paru-paru.

Nah demikian beberapa kebaikan serta manfaat puasa yang bisa Anda rasakan,sebelum lanjut berpuasa, pastikan Anda juga mengacu pada saran dokter agar dapat menjalaninya secara aman sesuai dengan kondisi kesehatan.

Baca juga  Simak Sinopsis Film Divergent Series Allegiant Berkisah Perjuangan Menegangkan Tayang Jumat, 27 Januari 2023 diBioskop TransTV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *