Cara Membeli Saham Bagi Pemula, Simak Syarat Serta Modal yang perlu dipersiapkan

Tahukah kalian semakin berkembangnya dunia teknologi digital sekarang maka semkin mudah juga pekerjaan yang dilakukan.

Termasuk pada era digital seperti saat ini, cara membeli saham semakin mudah dilakukan.

Berikut kami sajikan cara beli saham bisa dilakukan secara online melalui gadget atau perangkat komputer yang tersambung internet.

Seperti diketahui jika Saham adalah salah satu instrumen investasi,saham merupakan bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan atau bukti penyertaan modal.

Pemilik saham juga memiliki hak untuk mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.

Membeli saham perusahaan di pasar modal merupakan investasi yang memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan instrumen investasi lain, seperti obligasi, deposito, tabungan berjangka, atau emas.

Namun demikian, lantaran risikonya yang tinggi, investasi saham juga bisa memberikan imbal atau keuntungan yang tinggi, baik dari dividen maupun kenaikan harga saham.

Berikut kami sajikan tahapan cara membeli saham :

• Siapkan dokumen berupa KTP, NPWP, buku tabungan, dan meterai.

• Datang ke kantor perusahaan sekuritas terdekat atau bisa mendaftar melalui online,untuk daftar perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia dan melayani transaksi jual beli saham di BEI bisa dilihat di sini.

• Isi formulir pendaftaran sebagai investor pasar modal yang disediakan oleh perusahaan sekuritas.

• Investor harus menyetorkan dana awal ke nomor rekening dana investor atau RDI.

• Masing-masing perusahaan sekuritas memiliki ketentuan yang berbeda-beda untuk besaran dana awal yang harus disetorkan.

• Jika pendaftaran sudah diproses, investor akan diberikan akses untuk masuk ke akun dashboard untuk melakukan transaksi jual beli saham milik perusahaan sekuritas, seperti PIN transaksi, password, dan user ID.

• Sebagai informasi, perusahaan sekuritas atau perusahaan efek adalah perusahaan yang telah mendapat izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk dapat melakukan kegiatan sebagai perantara perdagangan efek (broker).

Baca juga  Simak Daftar Harga TBS Sawit Kalimantan Barat (Kalbar) Periode II-Januari 2023 Cek Selengkapnya

Sementara rekening dana investor atau RDI adalah rekening di bank atas nama investor yang terpisah dari rekening sekuritas (atas nama sekuritas) yang digunakan untuk keperluan transaksi jual beli saham oleh investor

Sebagai informasi, perusahaan sekuritas atau perusahaan efek adalah perusahaan yang telah mendapat izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk dapat melakukan kegiatan sebagai perantara perdagangan efek (broker).

Sementara rekening dana investor atau RDI adalah rekening di bank atas nama investor yang terpisah dari rekening sekuritas (atas nama sekuritas) yang digunakan untuk keperluan transaksi jual beli saham oleh investor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *